Memilih Skincare Remaja Berdasarkan Jenis Kulit

Anda harus memahami jenis kulit apa yang Anda punya sebelum Anda memilih dan memakai produk perawatan kulit apapun. Ada berbagai macam skincare untuk remaja tetapi tidak boleh memakainya sembarangan. Jika Anda memilih resep-resep perawatan kulit yang pas dengan jenis dan masalah kulit Anda, maka Anda tidak bisa cocok dan masalah kulit bisa jadi bertambah parah. Berikut tips mempunyai skincare untuk remaja berdasarkan jenis kulit yang perlu diketahui:

  • Kulit Kering

Jenis kulit kering mempunyai tekstur kulit kusam, gatal, dan sampai bersisik. Penyebab kulit kering adalah pelepasan sel abnormal pada lapisan kulit luar krena tidak mempunyai pelumasan minyak alami tubuh, sehingga kulit kurang konsentrasi air. Jika kulit Anda sedang kering, cuci muka dengan air hangat lalu pakai pelembap atau mineral. Pilih pelembap tanpa alkohol dan pewangi. Bukan hanya itu, jangan mandi, cuci muka, dan menggosok sabun terlalu lama sebab akan mengakibatkan kulit semakin kering.

  • Kulit Normal

jenis kulit normal mempunyai warna dan tekstur kulit yang lembut dan halus. Orang dengan tipe kulit ini juga jarang mempunyai gangguan kulit seperti bintik merah, noda hitam atau pori-pori besar. Merawat kulit normal juga lebih mudah, hanya cuci muka 2 hingga 3 kali sehari dengan sabun pembersih muka biasa.

  • Kulit Berminyak

Kulit berminyak artinya mempunyai kadar minyak berlebih dibanding air. Kulit berminyak mempunyai pori-pori terbuka dan biasanya mudah berjerawat. Jika Anda mempunyai kulit berminyak, lebih baik cuci muka 3 kali sehari dan jika perlu pakailah kertas minyak wajah atau face paper. Tips memilih skincare bagi remaja dengan kulit berminyak adalah produk dengan label noncomedogenic. Noncomedogenic merupakan istilah untuk kandungan khusus skincare yang tidak menyumbat pori. Bukan hanya itu, Anda jugaharus menyiapkan obat khusus jerawat.

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi berarti Anda mempunyai 2 jenis kulit. Biasanya bagian kulit hidung, dahi dan dagu atau T-Zone mempunyai tekstur kulit berminyak sementara pada kulit lainnya kering. Kulit dapat terasa sangat kering atau berminyak. Jika Anda mempunyai jenis kulit ini, lebih baik cuci muka 2 hingga 3 sehari dengan sabun pembersih muka. Anda bisa menggunakan pelembap pada bagian kulit yang kering.

Masalah kulit paling sering yang dialami remaja merupakan kulit berminyak, komedo dan jerawat. Hal ini karena remaja mengalami perubahan hormon yang memiliki pengaruh pada kondisi kulit dan fisiknya. Biarpun demikian, sejumlah tips skincare bagi remaja ini bisa membantu untuk mengatasi dan merawat kondisi kulit remaja.

  • Cuci Muka Sebelum Tidur

Sebagian besar remaja bisa jadi belum memakai riasan wajah atau telah menggunakannya dalam porsi ringan. Jika iya, jangan lupa bersihkan riasan sebelum tidur. Semua orang direkomendasikan untuk cuci muka sebelum tidur agar membersihkan debu, kotoran dan minyak yang bisa menumpuk sesudah aktivitas seharian. Terlebih lagi bagi kulit remaja yang mudah berjerawat.

  • Mengontrol Minyak Berlebih

Seperti yang telah disebutkan, umumnya remaja mengalami perubahan hormon yang membuat mudah timbulnya jerawat karena kulit berminyak. Remaja wajib mengontrol minyak berlebih dengan cara:

  • Ada berbagai skincareuntuk remaja tetapi pilih pembersih yang memiliki asam salisilat.
  • Pakai primer bebas minyak untuk mengendalikan wajah berkilau disebabkan penumpukan minyak.
  • Pakai kertas minyak wajah pada siang hari.

Jika ternyata kulit Anda bukan termasuk kulit berminyak, Anda bisa melewatkan tahap ini dan cari produk yang pas dengan tipe kulit Anda.

  • Pilih Skincare untuk Jerawat

Pilih skincare atau obat jerawat yang sesuai dengan kulit Anda. Memilih obat jerawat yang pas untuk remaja bisa membutuhkan sedikit perjuangan dan kesabaran. Anda bisa membeli obat atau produk jerawat dengan ukuran kecil dan mencoba dalam beberapa hari untuk mendapat hasilnya. Jangan lupa selalu rajin cuci muka, pakai toner, lalu gunakan obat jerawat.

  • Tidak Menggunakan Make Up Bersama

Para remaja baru berkenalan dengan riasan wajah dan biasanya berbagi riasan dengan teman-temannya. Jika memungkinkan, lebih baik tidak memakai make up secara bersama-sama terutama produk kecantikan untuk bibir dan mata.

  • Pilih Hair Care yang Cocok

Anda mungkin bingung apa hubungannya antara tips memilih skincare bagi remaja dan produk rambut? Rambut Anda bisa mengenai kulit wajah Anda setiap waktu tanpa Anda sadari. Jika rambutnya kotor, maka kotoran itu juga bisa masuk ke kulit wajah.  Penting untuk memilih produk rambut yang sesuai supaya rambut sehat dan bersih sehingga kulit wajah terjaga.

  • Gunakan Tabir Surya

Biasanya para remaja mempunyai kegiatan yang melelahkan pada siang hari di luar ruangan. Jika perlu, remaja disarankan untuk memakai tabir surya yang memiliki kandungan bebas minyak. Tabir surya bisa membantu mencegah kulit jadi terbakar dan mencegah jerawat.

By admin